Jumat, 18 Maret 2011

SEDIKIT TENTANG JARINGAN KOMPUTER

   Jaringan komputer adalah suatu perangkat penghubung antar semua pengguna internet dalam satu jaringan yang ada.
Jenis-jenis jaringan komputer ;
1. LAN (Local Area Network)
2. WAN (Wide Area Network)
3. WIFI
4. Hotspots
5. Satelit
6. Protocol VIOP
7. Nirkabel
         Dan dalam jaringan komputer juga ada yang menggunakan FIBER OPTIK. dan dalam menggunakan kabel optik juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Pengertian Dari Fiber Optik
Fiber optic adalah suatu materi,filament, ataupun bahan yang terbuat dari glass atau serat kaca vang berdiameter lebih kurang 120 micrometer (hampir sama dengan sehelai rambut manusia). la digunakan untuk mengantarkan jauh lebih banyak sinyal dalam bentuk pulsa cahaya (bisa berupa komunikasi suara maupun data) hingga mencapai lebih dari 50 kilometer tanpa memerlukan lagi bantuan perangkat repeater (penguat sinyal).
Keuntungan Menggunakan Fiber Optik
Keuntungan dari fiber optic antara lain adalah kemampuannya yang baik dalam mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dalam jarak transmisi yang cukup jauh, kecepatan transmisi yang tinggi hingga mencapai ukuran gigabits, serta tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah. Selain itu, tingkat keamanan fiber optic yang tinggi, aman dari pengaruh interferensi sinyal radio, motor, maupun kabel-kabel yang berada di sekitarnya, membuat fiber optic lebih banyak digunakan dalam infrastruktur perbankan atau perusahaan yang membutuhkan jaringan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Kelebihan lainnya, fiber optic aman digunakan dalam lingkungan yang mudah terbakar dan panas. Dalam hal ukuran, fiber optic juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan kabel tembaga, sehingga lebih menghemat tempat dalam ruangan network data center di mana pun.
Kekurangan Dari Fiber Optik
Kekurangan fiber optic adalah harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga. Hal ini dikarenakan fiber optic dapat mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dan jarak transmisi yang lebih jauh jika dibandingkan tembaga yang masih memerlukan investasi tambahan berupa perangkat penguat (repeaters). Kekurangan lainnya adalah cukup besarnya investasi yang diperlukan untuk pengadaan sumber daya manus
ia yang andal, karena tingkat kesulitan implementasi dan deployment fiber optic yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar